Kamis, 10 November 2011

Sikap Anda Terhadap Sesuatu yang Tidak Dikenal atau Tidak Diketahui


Bagaimana sikap anda terhadap sesuatu yang tidak dikenal atau tidak diketahui? Apakah itu membuat anda takut? Atau justru membuat anda bergairah? “Terimalah bahwa hal itu memang tidak diketahui dan bahwa hal itu mudah.” Apa yang membuat anda takut pada sesuatu yang tidak anda ketahui? Apa yang membuat anda berhenti membuat langkah positif menuju perwujudan mimpi anda?

Emosi itu begitu kuat sehingga secara harfiah emosi menjadi bahan baker kita pada saat kita bangun, menambahkan gairah dalam hidup kita. Tetapi untuk menjadi sosok yang menakjubkan, anda harus bisa melepaskan diri dari emosi supaya anda bisa mewujudkan impian anda. Semakin besar suatu impian, semakin banyak pula sikap melepaskan diri yang dibutuhkan. Berlatihlah melepaskan perasaan emosional ketika mengerjakan sesuatu yang biasa anda takuti. Misalnya, pergilah ke orang yang anda hormati dan katakanlah padanya bahwa anda menghargai mereka. Jangan ragu-ragu. Pikirkanlah cara menghadapi situasi emosional secara aktif, lalu hadapilah situsi itu tanpa emosi. Ketika konflik muncul cobalah menjaga diri agar anda tetap dalam posisi pengamat peristiwa itu bahkan mengamati reaksi anda sendiri. Dengan melakukan ini, cerahnya pikiran dan hati anda akan memunculkan paling tidak seperangkat penyelesaian yang masuk akal.


Aku percaya pada segala hal sampai semua itu terbukti tidak benar. Aku percaya pada dongeng, mitos, naga. Semua itu ada, bahkan kalaupun itu hanya dalam pikiran anda. Siapa bilang mimpi dan mimpi buruk tidak senyata yang kita alami di sini saat ini? Realitas banyak tergantung pada imajinasi. (John Lennon)

Tanyakan kepada diri sendiri, manakah di antara tujuan anda yang paling penting dan tak tertahankan? Apa yang bisa membuat anda menjadi sangat bergairah untuk melaksanakan rencana?

Mengontrol Strategi

Bersikap natural, apa adanya. Apakah anda jujur dalam kata-kata dan tindakan anda, atau apakah anda merasa tidak nyaman berada di antara orang lain, bersusah payah untuk mencoba dan menjadi natural? Apakah anda berpikir bahwa orang tidak akan menerima anda dan impian anda jika anda harus menjadi diri anda sendiri? Mungkin inilah saat yang baik untuk memeriksa mimpi anda. Apakah mimpi anda terasa riil bagi anda? Apakah mimpi itu terasa natural?

Bagaimana orang memperlakukan anda dan bagaimana anda bereaksi merupakan indikator yang sangat penting mengenai ukuran harga diri anda. Kali berikut seseorang mengkritik atau menghina anda, perhatikanlah bagaimana anda bereaksi. Apakah anda menerima hal itu begitu saja? Atau amarah anda meledak? “Jika anda berpusat pada harga diri anda sendiri, reaksi anda akan lebih terkendali”.

Pentingnya penampilan merupakan sesuatu yang integral bagi kesuksesan. Seberapa jauh anda bisa mengontrol penampilan anda? Apakah orang lain memberi anda petunjuk dan saran ketika anda seharusnya menciptakan dan mengarahkan penampilan anda sendiri sesuai dengan apa yang anda anggap pas? Selidikilah dimana seharusnya anda berbelanja atau di mana seharusnya anda memotong rambut sesuai dengan impian yang sedang anda realisasikan.

Pertimbangkan dan cobalah bidang yang lebih penuh petualangan dalam profesi atau pekerjaan yang anda pilih.

Apakah anda dilumpuhkan oleh ketakutan akan kemungkinan berbuat salah dab membuang mimpi anda sebelum anda memulainya?


SPIRIT

Seluruh kehidupan dalam arti tertentu merupakan penyembahan kepada Tuhan, dan semua yang kita lakukan adalah mencoba meneruskannya kepada lebih banyak orang. Gagasan saya mengenai Tuhan adalah bahwa anda tidak melakukannya khusus untuk diri sendiri, melainkan untuk semua orang lain. (George Harrison)

Di manakah anda saat ini dengan keyakinan religius anda? Kebijaksanaan yang menakjubkan menganjurkan kita mengembangkan minat yang sungguh-sungguh pada soal-soal spiritual. “Menjadi seorang yang menakjubkan berarti membuka pikiran dan hati anda”.

Apakah anda mempunyai keberanian untuk mengungkapkan pikiran anda dihadapan umum tentang isu-isu controversial yang terjadi di sekitar tempat tinggal anda atau yang terjadi di dunia? Pikirkanlah cara-cara yang bisa menyelesaikan permasalahan dunia. “Kebijaksanaan yang menakjubkan berarti mengubah dunia, pertama-tama di dalam diri anda sendiri, kemudian di sekitar tempat anda tinggal, lalu di masyarakat anda, dan kemudian membawa pesan anda ke seluruh dunia.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar