Senin, 21 November 2011

Melacak Nasihat Islam



 
Agama adalah Nasihat (al-hadits)


Preface
Agama dalam bahasa sansakerta terdiri dari dua kata yaitu a  yang berarti tidak dan gama yang berarti kacau sehingga agama berarti seperangkat ajaran yang mengatur hubungan manusia dengan tuhannya dan dengan manusia dan makhluk lainnya agar tidak ada kekacauan tetapi malah tercipta keserasian, keteraturan, kedamaian, dan ketertiban. Agama berdasar inti maknanya dapat disamakan dengan religion (inggris), religie (Belanda) berasal dari bahasa Latin religio dari akar kata religare yang artinya mengikat. (Kahmad, 2003 : 13)
Dalam bahasa Arab agama dikenal dengan kata al-din dan al-milah. Kata al-din dapat mengandung arti al-mulk ( kerajaan), al-khidmat (pelayanan), al-izz (kejayaan), al-dzull (kehinaan),  al-ikrah (pemaksaan), al-ihsan (kebajikan), al-adat (kebiasaan), al-ibadat (pengabdian), al-qahr wa al-sulthan, (kekuasaan dan pemerintahan), al-tadzalul wa al-khudhu (tunduk dan patuh), al-thaat (taat), al-islam wa al-tauhid (penyerahan dan mengesakan Tuhan). Sedangkan pengertian al-din yang berarti agama adalah  nama yang bersifat umum dan tidak ditujukan kepada salah satu agama. (kahmad, 2003 : 13)
Dalam kamus sosiologi ada tiga pengertian agama, yaitu : 1). Kepercayaan pada hal-hal spiritual, 2). Perangkat kepercayaan dan praktik spiritual yang diangggap sebagai tujuan tersendiri, dan 3). Ideologi mengenai hal-hal yang bersifat supranatural. Menurut Hendropuspito agama adalah suatu jenis sistem sosial yang dibuat oleh penganutnya  yang berproses pada kekuatan-kekuatan non-empiris yang dipercayainya dan didayagunakannya untuk mencapai keselamatan bagi mereka dan masyarakat luas. (Kahmad, 2003 : 129) Lebih lanjut Ia mengemukakan bahwa fungsi agama adalah edukatif, penyelamatan, pengawasan sosial, memupuk persaudaraan, dan transformatif. (Kahmad, 2003 : 130) Agama sebagai fungsi transformatif artinya bahwa agama bisa mengubah kehidupan keperibadian seseorang menjadi kehidupan baru yang lebih baik. (Ishomudin, 2002 : 57)
Agama Islam adalah agama yang dijelaskan dalam Al-Quran sebagai agama pembawa rahmat bagi semesta alam. Itu artinya keberadaan Islam juga membawa rahmat bagi masyarakat manapun di dunia. Menurut fungsi agama secara sosiologis maka Islam pun adalah agama transformatif karena ia menawarkan konsep perubahan baik individual maupun sosial menjadi lebih baik. Makanya ada hadits yang mengatakan bahwa agama adalah nasihat, nasihat bagi pemeluknya agar tidak membiarkan dirinya terjerumus ke dalam kehinaan dan kenistaan tapi justru sebaliknya menasihati agar bangkit mengisi kehidupanya agar terus lebih baik.
Nasihat-nasihat yang ada dalam Islam dapat dijelaskan secara rinci sebagai beikut : 1).Nasihat agar menjadi individu yang shaleh, 2). Nasihat agar membangun komunitas yang islami, 3). Nasihat untuk membangun dan memelihara sistem pemerintahan yang baik (good governance).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar